Pengertian SEO Menurut Para Ahli

Pengertian SEO Menurut Para Ahli

Pengertian SEO menurut para ahli (Search Engine Optimization) adalah proses optimasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan blog di halaman mesin pencari (search engine).

Seperti yang tertulis di laman Wikipedia, SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan memanfaatkan mekanisme kerja dari algoritma suatu mesin pencari yang bertujuan untuk meningkatkan volume blog.

Tujuannya sangat jelas, dengan menerapkan teknik SEO maka blog akan berada di halaman pertama dan urutan pertama. Maka kemungkinan besar blog anda akan banyak dikunjungi oleh pengunjung/pembaca.

Satu hal yang perlu anda ketahui adalah setiap orang memiliki pandangan tersendiri jika disuruh mengartikan definisi dari SEO ini, akan tetapi tujuannya tetap satu, meningkatkan kekuatan blog di SERP.

Bagaimana dengan pandangan pakar dan ahli master SEO Internasional terkait definisi dari SEO ini? Saya mengutipnya dari blog Shoemoney yang ditulis oleh Jeremy Schoemaker, ini dia pengertian seo menurut pakar dan ahli master seo internasional.

Pengertian SEO Menurut Para Ahli

1. Danny Sullivan

Pengertian SEO Menurut Para Ahli #Danny Sullivan
Pengertian seo menurut Danny Sullivan adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.

2. Neil Patel

Pengertian SEO Menurut Para Ahli #Neil Patel
Pengertian SEO menurut Neil Patel adalah sebuah seni untuk memahami mesin pencari (search engine) dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah situs/website memiliki peringkat lebih tinggi pada search engine.

3. Dax Herrera

Misi Google adalah mengorganisir seluruh informasi dari seluruh dunia dan membuatnya mudah di akses dan bermanfaat.

Sedangkan misi SEO adalah mengorganisir informasi dari klien untuk membuatnya dapat di akses oleh robot dan menghasilkan uang.

4. Rand Fishkin

Pengertian SEO Menurut Para Ahli #Rand Fishkin
Pengertian SEO menurut Rand Fishkin adalah kombinasi dari teknik, taktik, dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, seperti:

  1. Kemudahan penggunaan (friendly).
  2. Fokus pada konten (artikel).
  3. Penargetan audiens, pengembangan situs, dan desain
  4. Penelitian tentang kata kunci (keyword), link building.
  5. dan segala macam elemen online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.

5. QuadsZilla (Aktifis SEO Black Hat dunia)

Pengertian QuadsZilla penganut Web Spam SEO adalah ketika seseorang mencoba untuk melakukan kecurangan dan mengambil jalan pintas sehingga situs/website mereka akan tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian (menurut ranking) daripada yang sepantasnya mereka terima.

Kesimpulan

Dari penjelasan ke lima orang tersebut, tentu pendapat dan penjelasan yang diberikan berbeda. Bahkan, menurut saya sebagai pemilik blog ini pun, mampu dan bisa menjelaskan definisi SEO itu apa. Bahkan, sekali pun anda.

Penjelasan yang diutarakan mungkin berbeda-beda, tapi tujuannya tetap satu, agar berhasil berada di halaman pertama SERP mesin pencari.

Menurut Matt Cutts, Head of Webmaster Google Spam, bahwa pengertian SEO yang dianut oleh Quadszilla adalah salah dan lebih memilih pengertian SEO menurut Google, yakni di dalam dokumen resmi yang telah dipublikasikan oleh Google, “Google, Search Engine Optimization Starter Guide”, isinya sebagai berikut:

SEO adalah seringkali tentang melakukan sedikit modifikasi ke bagian dari situs web anda. Ketika kita melihat secara individual perubahan-perubahan ini mungkin tampak seperti perbaikan incremental, tetapi ketika dikombinasikan dengan optimasi lain, seo akan memiliki dampak yang nyata pada pengalaman pengguna atau situs dan mendongkrak kinerja situs anda di organic search (Started Guide Pdf).

Source: Pengertian SEO Menurut Para Ahli

Semoga tulisan pengertian seo menurut para ahli ini berguna bagi anda yang sedang mencari referensi atau sekedar ingin mengetahuinya.

Terima kasih sudah membaca artikel Pengertian SEO Menurut Para Ahli. Silahkan membagikan artikel ini melalui akun sosial media anda, dan jangan lupa untuk subcribe blog ini supaya bisa mengikuti informasi terbaru yang saya berikan.

COMMENTS