Puskom mengadakan Sosialisasi dan Workshop Sistem Informasi Akademik

Sosialisasi Workshop Sistem Informasi Akademik

Untuk mewujudkan visi Unilak 2030, salah satu komponen yang harus dipenuhi adalah penggunaan dan pengusaan IT dalam proses Akademik di Unilak. Untuk itu (Puskom) Pusat Komputer Unilak bekerjasama dengan Konsultan IT Suteki mengadakan sosialisasi & Workshop untuk memaksimalkan pemanfaatan SIAK (Sistem Informasi Akademik) selama empat hari berturut-turut, mulai dari tanggal 9 sampai 13 Februari 2015 di gedung Aula Pustaka Unilak.

Rektor Unilak, Prof. Dr. Syafrani, M.Si yang turut hadir dan memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa “Penguasaan IT dalam proses Akademik di Perguruan Tinggi sangat penting. Jika kita belajar dari Universitas-universitas yang sudah maju, pemanfaatan dan penguasaan IT menjadi prioritas, karena dengan penguasaan IT segala kegiatan Akademik dapat lebih terpantau seperti proses belajar-mengajar di kelas dapat dilihat dan dipantau secara langsung melalui sistem yang ada”.

Kepala Puskom Unilak David Setiawan, ST., MT selaku ketua panitia kegiatan ini juga menyampaikan hal yang sama, bahwa penggunaan IT dalam Proses akademik sangat penting, untuk itu Puskom meningkatkan kemanpuan Sistem Informasi Akademiknya dan memberikan sosialisasi sekaligus workshop fitur-fitur yang belum digunakan dan yang terbaru dalam SIAK (Sistem Informasi Akademik) yang sudah digunakan di Unilak. Tidak hanya itu dalam sosialisasi ini, juga diberikan penjelasan terperinci baik penjelasan umum hingga ke penjelasan teknis dan hal-hal yang berkaitan dengan SIAK (Sistem Informasi Akademik) seperti data Dosen dan Mahasiswa, Nilai, KRS Online, Keuaangan (seperti SPP mahasiswa, dll) hingga PMB Online.

Untuk memaksimalkan penerapan IT baik dalam kegiatan akademis maupun admisistrasi kampus dalam pelatihan ini melibatkan seluruh sivitas akademik, mulai dari pimpinan, dosen karyawan. “seluruh sivitas di lingkungan Unilak kita libatkan dalam kegiatan ini mulai dari Pimpinan Universitas dan Fakultas, Dosen dan karyawan serta mahasiswa yang diwakili oleh Bem, BLM, HMJ Universitas, Fakultas dan Prodi dengan tujuan semuanya benar-benar mengeriti, memhami serta dapat mengaplikasi apa yang di dapat dalam pelatihan ini kedalam kegiatan akademis maupun administrasi kampus” Tambah Ka. Puskom.

About the author: Didik Siswanto

Leave a Reply